Kamis, 15 Februari 2018

Tips Agar Biaya Makan Sehari-Hari Bisa Lebih Hemat Tapi Enak

DapurLagi - Menjadi ibu itu tidaklah mudah, karena dia harus memikirkan kebutuhan seluruh keluarga, salah satunya kebutuhan makan sehari-hari. Kebanyakan ibu pasti ingin menyiapkan makanan yang tak hanya enak, tapi juga bergizi untuk keluarganya. Namun harus dipahami bahwa makanan enak tak selalu identik dengan yang mahal. Apalagi saat ini, harga semua kebutuhan melonjak naik alias mahal yang artinya para ibu harus pandai menghemat biaya makan sehari-hari agar tidak sampai bokek sebelum waktunya. Jika dulu, uang belanja 50 ribu saja, kita sudah bisa mendapatkan menu lengkap dengan lauk yang lumayan enak, maka sekarang kalau tidak pandai menyiasatinya, dijamin bakal kurang dech..Resep dan Cara Membuat Semur Tahu Telur Puyuh yang Gurih Enak 
tips masak hemat/bbc.co.uk
 Nah, agar ibu lebih mudah menghemat biaya makan sehari-hari, sebaiknya simak tips agar biaya makan sehari-hari bisa lebih hemat tapi enak, berikut ini : Resep dan Cara Membuat Tempe Melet Enak Gurih dan Super Pedas

•    Belanja di pasar tradisional

Cara berhemat pertama yang bisa dilakukan adalah belanja di pasar tradisional. Selain mendapatkan bahan-bahan segar, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan di tukang sayur maupun di supermarket. Beli stock sayur, lauk dan bumbu dalam jumlah besar agar lebih hemat waktu, tenaga dan biaya.

•    Racik bumbu sendiri

Saat ini kita bisa saja memilih bumbu instan berbagai jenis masakan. Namun membeli bumbu instan jauh lebih boros, maka itu ada baiknya Anda meracik sendiri bumbu masakan Anda, misalnya : sup, soto, sayur asem, kare, rending, lodeh, sambal goring dan lainnya.

•    Buat masakan yang tahan lama dan tidak mudah basi

Cara lainnya yang bisa membantu berhemat adalah dengan memilih menu makanan yang tahan lama dan tidak mudah basi. Masakan bisa dikonsumsi selama berhari-hari lamanya, mislanya : kentang kering, serundeng, pepes, balado, rending, dan lainnya.

•    Hindari memasak makanan yang prosesnya lama

Proses memasak yang lama akan membuat boros elpigi, maka itu usahakan memilih makanan yang proses memasaknya singkat, mislanya : tumis, sayur bening dan lainnya.

•    Kreatif menciptakan menu

Agar keluarga tidak bosan, pastikan Anda lebih kreatif menciptakan menu-menu masakan. Pilih jenis makanan yang tak hanya enak, tapi juga tidak membutuhkan biaya mahal, misalnya : nugget, kaki naga, sosis, bakso, dan lainnya.

•    Hindari kebiasaan buang-buang makanan

Satu lagi yang perlu diperhatikan agar biaya makan sehari-hari tidak melonjak adalah kebiasaan membuang makanan. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa hal, diantaranya :  masak dalam jumlah berlebihan, menyimpan makanan yang tidak terlalu dibutuhkan, memasak makanna yang tidak disukai keluarga, dan lainnya.
Beberapa tips agar biaya makan sehari-hari bisa lebih hemat namun tetap enak ditas diharapkan dapat menginspirasi semua ibu dimanapun berada. Semoga bermanfaat yaa!