Rabu, 24 Oktober 2018

10 Resep Olahan Daging Kambing yang Lezat dan Mudah

Lebaran Idul Adha hampir tiba, kira-kira persiapan apa yang sudah Anda lakukan? Kambing termasuk salah satu hewan kurban yang mungkin banyak dipilih, karena harganya lebih murah dibandingkan sapi. Banyaknya yang kurban kambing, membuat stock daging Anda akan melimpah ruah, bukan? Mungkin sebagian dari Anda merasa bingung, mau dimasak apa ya daging-daging ini? Jangan khawatir, karena disini kita akan membagikan beberapa resep olahan daging kambing yang nikmat dan mudah.

Apa sajakah itu? Simak langsung 10 Resep Olahan Daging Kambing yang Lezat dan Mudah, berikut ini :

1. Semur Daging kambing

Semur termasuk olahan yang sangat sederhana namun memiliki rasa yang nikmat. Semur memiliki kuah memiliki warna coklat pekat dan berbumbu ringan sehingga bisa dikatakan cukup sehat dikonsumsi. Cara membuat semur sangatlah mudah, yakni :

Bahan :

500 gr daging kambing
6 buah bawang merah, iris halus
3 siung bawang putih, iris halus
1 batang kayu manis
2 butir cengkeh
4 sdm kecap manis
1/4 sdt pala bubuk
1 buah tomat, potong kasar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
2 sdm margarin untuk menumis
Bahan Taburan:
2 sdm bawang merah goreng
2 btg daun bawang, iris halus

Cara Membuat:

  • Rebus daging kambing dan buang airnya
  • Potong-potong daging ukuran persegi panjang/melebar tipis.
  • Panaskan margarin, tumis bawang putih sampai harum, kemudian masukkan bawang merah dan tomat, aduk-aduk hingga harum
  • Masukkan daging sambil diaduk-aduk.
  • Tuang air panas hingga daging terendam
  • Tambahkan kecap manis, bubuk kaldu, kayu manis, cengkeh, merica, dan pala bubuk.
  • Masak sampai mendidih kemudian masak dengan api kecil selama 20 menit hingga daging empuk dan kuah menyusut.
  • Tambahkan garam atau gula pasir sesuai selera.
  • Angkat dan hidangkan saat hangat dengan taburan bawang merah goreng dan daun bawang.

2. Daging kambing

Daging kambing juga termasuk satu olahan kambing yang cukup populer dan banyak penggemarnya. Aroma khas sate kambing sangatlah menggoda sehingga menu yang satu ini layak Anda coba di rumah. Caranya snagatlah mudha, yakni cukup potong daging kambing atau jerohan dengan okuran yang sama, kemudian tusuk dengan sujen dan bakar hingga matang. Lalu sajikan dnegan bumbu kacang yang menggoda dan irisan cabai serta bawang.

3. Sup tulang sumsum kambing

 Sumsum kambing memiliki rasa yang gurih dan sedap, karenanya sangat cocok untuk diolah menjadi sup. Agar terhindar dari bau prengus kambing dan tekstur daging empuk, pastikan presto tulang dan dagingnya, lalu buang airnya. Baru kemudian Anda bisa membumbui daging sebagaimana sup biasanya.

4. Tongseng kambing

Tongseng juga bisa menjadi menu pilihan untuk Anda, karena sangat mudah dan sederhana cara membuatnya. Bagi Anda pecinta pedas, Anda cukup menambahkan cabai sesuai selera dan berbagai rempah pilihan agar rasanya semakin nendang. Sebagaimana langkah diatas, pastikan rebus dan buang airnya agar olahan Anda tidak bau prengus.

5. Tengkleng Iga kambing

Balungan dari iga kambing juga bisa diolah menjadi menu tengkleng yang super nikmat. Sensasi yang empuk dari daging iga yang mengelupas akan membuat Anda semakin bersemangat untuk menikmatinya.

6. Empal daging kambing

Empal  daging kambing termasuk satu menu pilihan yang mudah dan cepat memasaknya. Cukup rebus dan buang airnya, lalu potong daging dan ungkep dengan bumbu pilihan. Baru setelah itu, Anda bisa memukul-mukul daging dan menggorengnya hingga matang.

7. Gulai kambing

Gulai kambing bisa disajikan dalam bentuk berkuah atau kering. Aroma rempah dari gulai membuat masakan ini banyak dipilih. Biasanya gulai disajikan bersama sate dan tambahan sambal serta perasan jeruk nipis.

8. Krengsengan daging kambing

Krengsengan kambing bisa menjadi pilihan selain semur. Meski hamper sama dengan semur, namun krengsengan memiliki rasa yang lebih berat karena memang bumbunya lebih banyak dan lengkap.

9. Rica-rica daging kambing

Anda pecinta masakan pedas? Jika ya, rica-rica daging kambing ini bisa menjadi pilihan yang oke buat keluarga Anda.

10. Tumis daging kambing

Tumis tidak hanya berlaku pada sayuran saja, karena daging kambing juga bisa diolah menjadi tumisan yang enak dan special. Agar lebih enak, Anda bisa menambahkan saus teriyaki, kecap manis, saus tiram atau yang lainnya.
Semoga informasi yang berjudul 10 Resep Olahan Daging Kambing yang Lezat dan Mudah diatas dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi kita semua.

tag :  olahan daging kambing praktis olahan kepala kambing mengolah kepala kambing resep kambing bakar masak daging kambing cara masak daging kambing cara memasak daging kambing resep2 masakan daging kambing