Selasa, 14 April 2020

Tips Berhemat Dan Bisa Menabung Saat Pandemi Virus Corona

Korban virus Corona terus bertambah setiap harinya, tentu saja hal ini membuat kita cemas dan khawatir. Dirumah saja wajib dilakukan selama masa pandemi virus Corona (Covid-19), hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran dari virus yang mematikan ini. Bingung sudah pasti, kita takut akan penularan virus corona, akan tetapi kita juga lebih takut dengan kondisi kantong yang makin nggak menentu akibat aktivitas di rumah saja. Bagaimana tidak, anak-anak yang biasa sekolah normal jadi sekolah dari rumah, sudah otomatis kita harus mengeluarkan biaya internet lagi, belum lagi biaya tambahan tak terduga lainnya, seperti listrik, cemilan anak, vitamin, hand sanitizer, masker dan lain-lain. Berhemat saat pandemic virus corona harus dilakukan, karena kita tidak pernah tahu kondisi ini akan terjadi berapa lama.
Jika Anda merasa kesulitan untuk berhemat, simak beberapa tips dari kami berikut ini :

Ikhlas dan jangan banyak mengeluh

Kamu merasa kesulitan gara-gara Corona? Ingat, Sob, bukan kamu saja tapi semua orang di seluruh belahan dunia juga tengah mengalami masa sulit akibat Corona. Untuk itu, ikhlas dan jangan banyak mengeluh karena hanya dengan cara inilah Anda bisa kembali melanjutkan hidup. Tinggal dirumah aja merupakan solusi terbaik agar masalah Corona bisa segera selesai dan kita bisa kembali hidup normal.

Mereview buku catatan pengeluaran

Banyaknya pengeluaran tak terduga membuat kita perlu mengatur ulang buku catatan pengeluaran. Tulis dengan cermat biaya pengeluaran tiap bulan serta biaya tambahan selama dirumah aja. Jangan lupa alihkan biaya yang tidak terpakai selama kita dirumah aja, seperti : biaya transportasi, biaya makan-makan, nonton film, dan rekreasi. Gunakan biaya tersebut untuk menutupi pengeluaran baru yang muncul akibat kita dirumah aja.

Masak sendiri

Semua dirumah pengennya ngemil terus? Jika biasanya kita bebas jajan diluaran, tapi saat kondisi seperti ini, ada beberapa warung yang terpaksa tutup akibat sepinya pembeli. Go food? Bisa aja, tapi pastinya lebih mahal dong. Untuk itu, ada baiknya kita memasak sendiri menu makanan dan cemilan keluarga. Selain lebih sehat juga hemat di kantong, bahkan Anda juga bisa mengajak serta anak-anak untuk memasak di dapur. 

Jangan panic buying

Kondisi yang tidak menentu membuat sebgaian orang merasa panik. Akibatnya, banyak yang melakukan panic buying dengan memborong sejumlah kebutuhan pokok. Jangan lakukan itu, karena toh pemerintah sudah menjamin bahwa pasokan kebutuhan rumah tangga tetap aman khan? Bijaklah dalam belanja dan belanja sesuai yang dibutuhkan.

Berhemat dan tetap menabung

Dirumah saja harusnya membuat kita lebih bisa berhemat. Bagaimana tidak, ada beberapa pengeluaran yang tidak terpakai khan, seperti : uang bensin, uang rekreasi, uang ngopi, uang nonton, dan lainnya. Alihkan biaya yang tak terpakai tersebut untuk mencover pengeluaran tak terduga, jika perlu sisanya buat ditabung yaa…

Mencoba peluang usaha dirumah saja

Dimasa ini, banyak orang mengeluh usahanya sepi karena banyak orang berada di rumah saja. Untuk menambah penghasilan, Anda bisa mencoba peluang usaha dari rumah saja, misalnya : bikin masker untuk dijual, jual makanan/cemilan digo food-in, kuis hunter, jadi youtuber, penulis online, dan masih banyak yang lainnya.
Selain tips diatas, pasti masih banyak tips lainnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua ya..