Selasa, 10 November 2015

Tips Masak Jamur Agar Enak dan Tidak Bau Kayu

Suka menikmati lezatnya olahan jamur? Jamur termasuk bahan makanan kaya nutrisi yang bisa menjadi pengganti daging atau ayam. Jamur memiliki rasa gurih alaami, sehingga biasa disebut sebagai penyedap alami. Ternyata, jamur bisa diolah menjadi aneka jenis makanan yang menggugah selera, diantaranya : kripik jamur, sup jamur, oseng jamur, pepes jamur dan masih banyak yang lainnya. Hem, meski begitu, tidak semua orang bisa mengolah jamur menjadi aneka hidangan lezat. Hal itu karena aroma aneh yang terkadang ada dalam jamur. Aroma yang mirip kayu tersebut seringkali memb uat seseorang enggan memasak dan menikmati jamur.
cara masak jamur agar tidak bau/http://www.krakatauradio.com
Hem, lalu bagaimana cara mengatasinya ya? Daripada bingung, lebih baik kita simak bagaimana tips masak jamur agar enak dan tidak bau berikut ini :
Pilih jamur yang segar dan baru
Jamur yang masih baru memiliki aroma khas dan jika dimasak maka hasilnya akan lebih nikmat dan bernutrisi.  Cara memilih jamur yang masih baru, antara lain : warnanya bersih, jamur masih mekar sempurna, tidak bau menyengat dan tidak berair.
Buang bonggolnya
Bonggol atau ujung jamur yang menebal harus dibuang karena dapat menimbulkan bau kurang enak atau aroma kayu.
Bersihkan jamur
Cara lain  yang harus dilakukan agar jamur tidak bau menyengat adalah dengan mencuci dan membersihkan bagian luar akar jamur.
Rendam jamur ke dalam air garam
Cara ini tidak hanya menghilangkan bau, tapi juga membersihkaan jamur dari kotoran atau serangga yang menempel. Setelah itu, bilas jamur dan tiriskan. Jamur siap diolah menjadi aneka makanan yang lezat.
Kukus jamur
Jika Anda merasa bau jamur masih ada, setelah dicuci bersih, Anda bisa mengukus jamur dalam waktu 15 menit agar bau pada jamur hilang.  Setelah itu, Anda siap mengolah jamur sesuai dengan selera.
Ternyata untuk mendapatkan olahan jamur yang lezat dan tidak bau bukanlah hal yang sulit, karena dengan tips Masak Jamur Agar Enak dan Tidak Bau diatas, Anda bisa berkreasi dengan bahan jamur. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi kita semua.

Tags : cara mengolah jamur tiram crispy, cara mencuci jamur tiram yang benar, cara memotong jamur tiram, bonggol jamur tiram, cara mengolah jamur kuping kering, cara mengolah jamur kancing, cara mengolah jamur kuping basah, cara memasak jamur kancing kalengan