Rabu, 24 Februari 2016

Rahasia Membuat Donat Kentang Empuk dan Super Lembut

DapurLagi - Donat termasuk satu jenis kue yang cukup populer di kalangan masyarakat. Kue yang berbentuk bulat dan tengahnya berlubang ini memiliki tekstur yang sangat empuk dan lembut. Jika kebanyakan donat dibuat dari bahan dasar tepung terigu, maka agar lebih empuk dan lembut, Anda bisa menambahkan bahan lainnya, misalnya : kentang, ubi, labu, ketela, dan bahan pilihan lainnya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang rahasia membuat donat kentang yang empuk dan super lembut. Meskipun membuat donat kentang bisa dibilang sangat mudah, namun jika kita tidak tahu triknya, maka hasilnya akan tidak sesuai dengan harapan, misalnya : keras, alot, dan tidak lembut.

Trik Membuat Donat Kentang yang Empukd an Super lembut

Berikut ini Trik membuat donat kentang yang empuk, lembut dan enak, diantaranya :

Haluskan kentang

Agar donat buatan Anda memiliki tekstur yang lembut serta penampilan yang okey punya, pastikan kentang yang dicampurkan benar-benar halus. Untuk itu, Anda bisa memblendernya hingga halus dan lembut sempurna.

Pencampuran adonan yang tepat

Agar adonan mengembang sempurna dan tidak keras atau bantat, pastikan proses pencampuran bahannya tepat. Hindari mencampurkan ragi, mentega, dan garam secara bersamaan karena dapat menyebabkan adonan tidak mengembang dan menjadi kaku.

Mengaduk adonan hingga benar-benar kalis

Untuk membuat donat yang empuk dan lembut, pastikan mengaduk adonan hingga kalis. Kalis sendiri merupakan satu kondisi dimana adonan bersifat lentur dan tidak lengket di tangan. 

Cetak donat dengan ukuran yang sama

Anda bisa mencetak donat secara manual atau menggunakan cetakan kue agar bentuk dan ukurannya sama.

Goreng donat dalam api kecil dan minyak yang banyak

Agar donat buatan Anda menjadi sempurna, pastikan Anda goreng dalam api kecil dan minyak yang banyak hingga donat tenggelam. Goreng hingga donat berwarna kuning kecokelatan. Balik donat menggunakan penjepit atau sumpit agar lubangnya tidak rusak.

Pilih toping sesuai selera

Agar penampilan donat buatan Anda semakin sempurna, Anda bsia menambahkan toping sesuai selera, misalnya : kacang, keju, messes, cokelat, dan lain sebagainya. Untuk melengketkan toping, Anda bisa mengoleskan margarin pada sisi atas hingga merata.

Resep Donat Kentang yang empuk dan super lembut

Hem, kira-kira bagaimana cara membuat donat kentang yang empuk dan super lembut? Agar lebih jelasnya, langsung kita simak step by stepnya berikut ini :

Bahan-bahan yang Dibutuhkan :

1/2 kg tepung terigu protein tinggi
250 gr Kentang, rebus dan haluskan dengan blender
4 butir telur
250 gr gula pasir
1/4 kg mentega
1 bgks ragi instan
1 sdt garam
100 ml sdm susu bubuk full cream
1 sdt baking powder
Air bersih secukupnya
Minyak goreng secukupnya 

Bahan toping

100 gram Dark Cooking Chocolate 
Kacang
3 sendok makan margarin
Meses atau gula bubuk
Atau tergantung selera

Cara Membuat Donat Kentang

Campurkan gula, telur, susu bubuk, ragi, baking powder. Kemudian aduk rata sekitar 20 menit.
Campurkan kentang halus dan tepung terigu kedalam adonan, aduk-aduk hingga kalis. Diamkan sambil tutup dengan kain hingga mengembang.
Setelah mengembang, Anda bisa memasukkan garam, mentega, dan air secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga benar-benar kalis. 
Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu diamkan selama 15 menit agar adonan mengembang kembali.
Bentuk adonan bulat-bulat dan lubangi bagian tengahnya. Atau Anda bisa pilih cetakan donat yang banyak dijual di pasaran.
Panaskan minyak secukupnya, goreng adonan dalam api kecil hingga matang. Balik dengan sumpit agar lubang donat tidak rusak.
Olesi donat dengan margarin, kemudian taburi dengan toping sesuai selera.
Donat kentang yang empuk dan super lembut siap disajikan.
Jika keluarga Anda termasuk pecinta donat, kenapa tidak membuatnya sendiri di rumah? Semoga informasi yang berjudul Rahasia Sukses Membuat Martabak Manis Mini Spesial diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Resep Pilihan Lainnya

RAHASIA SUKSES MEMBUAT MARTABAK MANIS MINI SPESIAL
CARA LENGKAP MEMBUAT PANCAKE YANG EMPUK DAN LEMBUT
RAHASIA MEMBUAT KUE LUMPUR KENTANG YANG GURIH DAN SUPER LEMBUT
RESEP DAN CARA MEMBUAT AYAM SUWIR YANG NIKMAT
RAHASIA MEMBUAT TEMPE MENDOAN YANG GURIH LUAR DALAM