Senin, 16 Juli 2018

Jangan Salah Membeli Ayam Bangkai, Kenali 5 Ciri-Cirinya

DapurLagi - Anda suka membeli daging ayam? Ada hal penting yang harus diperhatikan sebelum membeli daging ayam, yakni : memastikan kesegarannya. Jangan sampai kita salah membeli daging ayam sisa kemarin, apalagi salah membeli daging ayam bangkai. Selain tidak halal, ayam bangkai juga tidak layak dikonsumsi karena mengandung racun dan bakteri yang dapat membahyakan kesehatan. Ayam bangkai sendiri merupakan daging ayam yang berasal dari ayam mati, jadi bukan karena disembelih. Jadi ayam yang matinya bukan karena proses penyembelihan bisa disebut sebagai ayam bangkai, misalnya : karena penyakit, terjepit kandang, dicekik/dipukul, mati kelelahan saat pengangkutan, ayam stress, penyembelihan tidak sempurna, dan lainnya. Lagi Musim, Ini Cara Buat Penyetan Ikan Pe Gurih dan Tidak Bau Pesing
ayam/refreshedsites.com
Ada sebagian pedagang curang yang mencampurkan ayam mati ke dalam dagangannya. Nah, agar Anda terhindar dari membeli ayam bangkai, sebaiknya kenali cirri-ciri ayam bangkai berikut ini : Dijamin Enak, Ini Resep Cara Buat Kuah Bakso Bening Seger dan Sedap Banget

Tercium bau busuk

Umumnya ayam bangkai memiliki bau yang lebih busuk/menyengat di beberapa bagian tubuhnya, seperti : sayap, ketiak serta lipatan tubuh lainnya. Hal itu akibat darah yang tertahan pada tubuhnya dan tidak keluar dengan sempurna sehingga menjadi media bagi perkembangbiakan bakteri.

Kulit lebih lembek dan berair

Umumnya, ayam bangkai dapat dikenali dari fisiknya yang jelas berbeda dari ayam segar, diantaranya adalah : kulitnya lebih lembek dan berair, terdapat bendungan darah pada lehernya, terdapat memar-memar, dan warnanya agak biru kehitaman. Bahkan ketika digoreng kita akan melihat warnanya agak kebiruan.

Luka penyembelihan yang tidak sempurna

Kita bisa mengenalinya dari luka penyembelihan pada leher ayam. Ayam yang disembelih sempurna akan merenggangkan lehernya sehingga luka akan tampak melebar. Jadi ketika luka terlihat menyempit dan tidak terpotong sempurna 3 saluran (nafas, makanan dan udara), maka bisa jadi ini termasuk ayam bangkai. Makanya, lebih baik membeli ayam secara utuh sehingga kita bisa memilihnya.

Warna karkas lebih gelap

Akibat penyembelihan yang tidak sempurna atau ayam mati bukan karena penyembelihan dapat meyebabkan pengeluaran darah yang tidak maksimal. Nah, darah yang tertahan di tubuh ayam membuat karkas terlihat menghitam atau merah gelap, terutama pada bagian pembuluh darah area sayap, kaki, punggung dan  juga dada.

Harga lebih murah

Jangan gampang tergiur harga murah, karena bisa jadi Anda terjebak membeli ayam bangkai. Sayang banget khan, jika karena harga murah yang Anda keluarkan, lantas kesehatan Anda sekeluarga jadi taruhannya.
 Jika diatas kita berikan informasi cirri-ciri daging ayam bangkai, maka disini kita juga akan membagikan cirri-ciri ayam segar, yang diantaranya adalah : daging berwarna putih segar, tidak terdapat memar/bengkak, tulang sempurna/tidak patah, bau khas ayam segar dan citarasa normal. Semoga informasi yang berjudul Jangan Salah Membeli Ayam Bangkai, Kenali 5 Ciri-Cirinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
#Ayamsegar  #Ayambangkai   #Bahayaayambangkai
Loading...