Sabtu, 06 Februari 2016

Cara Membuat Nugget Ayam yang Nikmat dan Sehat

DapurLagi - Buah hati Anda hobi menikmati nugget ayam? Saat ini banyak nugget ayam instan yang dijual bebas di pasaran. Sayangnya, kita tidak pernah tahu, apakah nugget instan tersebut aman untuk dikonsumsi buah hati? Bukan rahasia umum, jika saat ini banyak produk yang didalamnya mengandung zat-zat yang kurang ramah bagi kesehatan, misalnya : MSG, pengawet, pewarna, dan lain sebagainya. Bisa dibayangkan, bagaimana kita tega membiarkan buah hati tercinta mengonsumsi makanan yang membahayakan kesehatannya? Tidak perlu cemas, karena kita bisa membuat nugget ayam yang enak dan sehat untuk buah hati Anda.
Cara Membuat Nugget Ayam yang Nikmat dan Sehat
Membuat nugget ayam sendiri, tidak hanya lebih hemat, tapi juga lebih sehat karena kita bisa memilih bahan-bahan terbaik. Ingin tahu bagaimana caranya? Simak Cara Membuat Nugget Ayam yang Nikmat dan Sehat berikut ini :

Gunakan bahan-bahan yang berkualitas

Pilih bahan-bahan yang berkualitas untuk membuat nugget ayam, misalnya : daging ayam segar tanpa tulang, roti tanpa kulit, tepung panir, dan lain sebagainya.

Campurkan sayuran

Dengan membuat nugget ayam sendiri, Anda bisa dengan mudah menambahkan sayuran, misalnya : brokoli, wortel, dan lainnya. Anda bisa mencincang atau memblender sayuran, kemudian dicampurkan kedalam adonan. Dengan begitu, Anda bisa merangsang si kecil untuk mengenal rasa dan tekstur sayuran.

Cetak dalam berbagai bentuk

Agar si kecil makin berselera menikmati nugget ayam buatan Anda, pastikan mencetak nuggetdalam berbagai bentuk, misalnya : huruf, binatang, mobil, bintang, dan lain sebagainya.

Simpan kedalam freezer

Setelah selesai dicetak, Anda bisa menyimpan stock nugget di freezer. Jangan lupa, masukkan nugget ayam buatan Anda ke dalam wadah tertutup agar tidak terkontaminasi kuman dari udara.

Goreng dalam minyak panas

Sebelum menggoreng nugget, keluarkan nugget dari freezer, dan diamkan hingga suhu normal. Panaskan minyak hingga nugget terendam, goreng nugget hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Resep Nugget Ayam yang enak dan sehat

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

500 gram daging ayam tanpa tulang, giling
2 bh Wortel, parut
150 gram tepung panir atau tepung roti
3 butir telur, kocok lepas.
6 lbr roti tawar tanpa kulit, rendam dan peras
5 siung bawang putih, haluskan
½ sdt lada bubuk.
1 sdt garam.
air secukupnya
Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Nugget Ayam enak dan sehat

Campurkan semua bahan, ayam giling, wortel, roti tawar, dan bumbu. Uleni hingga tercampur rata.
Olesi Loyang dengan minyak agar tidak lengket, masukkan adonan ke dalam Loyang. Ratakan.
Panaskan panci pengukus, dan kukus adonan dalam Loyang tadi hingga matang.
Setelah adonan matang, Anda bisa mengangkatnya dan memasukkan ke dalam freezer agar mudah dipotong.
Siapkan kocokan telur dan tepung panir dalam wadah.
Setelah adonan bisa dipotong, Anda bisa mencetaknya dan mencelupkan kedalam kocokan telur dan gulingkan kedalam tepung panir.
Simpan kembali kedalam freezer selama 15 menit.
Panaskan minyak goreng, goreng nugget ayam hingga berwarna kecokelatan.
Hem, ternyata sangat mudah ya untuk membuat nugget ayam yang enak dan sehat. Semoga informasi yang berjudul Cara Membuat Nugget Ayam yang Nikmat dan Sehat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya :
Cara Membuat Ayam Goreng Kriuk yang Sehat Untuk AnakRahasia Membuat Ayam Goreng Padang yang NikmatTips dan cara Membuat Saus Tomat yang Enak dan Sehat