Selasa, 03 Juli 2018

Pedas Saja Tidak Cukup, Ini Rahasia Cara Masak Sambal Enak dan Bikin Ketagihan

DapurLagi - Menurutmu, sambal yang enak itu seperti apa sich? Sambal termasuk pelengkap makanan yang wajib ada, karena keberadaannya dapat meningkatkan rasa makanan. Pedas saja tak cukup membuat sambal dijuluki sebagai sambal yang enak. Oleh karena itu, tak heran jika banyak yang mengombinasikan bahan tertentu untuk menambah citarasa sambal agar menjadi lebih special. Bicara tentang sambal enak, ternyata ada banyak rahasia yang harus diperhatikan saat membuat sambal. Jadi bukan sekedar menghaluskan bahan sambelan saja, karena ada beberapa trik yang harus diperhatikan agar sambal tidak langu, hambar atau tidak sedap. Serius! Ini Cara Buat Tumis Pare Tidak Pahit dan Enak Banget  
sambal enak
 Penasaran bagaimana rahasia cara masak sambal yang enak dan bikin ketagihan? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini : Cara Buat Kreasi Tempura Udang yang Lurus dan Crispy Mirip HOKBEN

Pilih bahan yang berkualitas

Pemilihan bahan sambal yang berkualitas menajdi syarat utama yang harus dilakukan agar sambal enak. Untuk itu, pastikan pilih bahan fres dan berkualitas baik agar sambal buatan Anda jadi istimewa.

Diulek mentah/dikukus atau digoreng?

Ada banyak teknik membuat sambal yang enak, dari mulai diulek mentah/dikukus maupun ditumis/digoreng. Pilih mana cara yang Anda sukai dan pastinya paling mudah agar Anda enjoy mengerjakannya. Untuk sambal tertentu, seperti sambal bawang, Anda bisa mengulek mentah kemudian menyiram minyak panas/menumis sebentar baru menguleknya. Untuk sambal bajak/saambal terasi, Anda bsia mengukus lebih dulu kemudian uleg hingga halus, baru tumis dnegan minyak hingga matang.

Mau diulek atau diblender?

Jika ingin sambal lebih enak, sebaiknya Anda mengulek sambal secara manual dengan cobek. Memblender sambal membuat teksturnya jadi kurang menarik dan pastinya rasanya jadi kurang sedap.

Penambahan gula merah

Untuk mengurangi aroma langu dan rasa pedas menyengat, Anda bisa menambahkan gula merah pada sambal yang sudah diuleg. Selain itu, penambahan gula merah juga membuat rasa sambal jadi lebih enak.

Beri isian

Pedas saja tidak cukup, maka itu, Anda bisa menambahkan isian agar sambal lebih special. Bahan yang bisa ditambahkan dalam sambal, antara lain : pencit/mangga muda, udang, ayam suwir, udang rebon, teri, jamur goreng, dan lainnya. Yakin dech, sambal akan menjadi lebih menggugah selera.

Tambahkan bumbu rempah tertentu

Meski hanya sambal, namun jika dibuat dengan bahan special maka akan menajdikan sambal jadi lebih special. Anda bisa menambahkan rempah tertentu seperti : daun jeruk nipis, irisan serai, daun salam, cengkeh dan lainnya tergantung jenis sambal apa yang akan kita buat. Yakinlah jika aroma rempah akan membuat sambal buatan Anda jadi makin menggoda.
Hem, sudah tahu khan bacaimana cara membuat sambal yang istimewa untuk keluarga tercinta. Semoga informasi yang berjudul Pedas Saja Tidak Cukup, Ini Rahasia Cara Masak Sambal Enak dan Bikin Ketagihan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
#SambalEnak #CaraMasakSambal #TipsMasak